Kegiatan penelitian selain bertujuan untuk pengembangan dan penemuan ilmu pengetahuan, juga sebagai kegiatan untuk meningkatkan mutu keilmuan civitas akademika pertanian Penelitian yang diadakan dapat dikatakan terdiri atas: penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang pertanian di sekolah tinggi penyuluhan pertanian dilakukan oleh tenaga pengajar secara mandiri maupun secara kelompok serta melibatkan mahasiswa/i.

Kegiatan lain yang berkaitan dengan penelitian adalah seminar, lokakarya dan diskusi. Kegiatan semacam ini diselengarakan untuk mengkaji berbagai masalah yang pada umumnya meliputi : masalah internasional, fenomena ekonomi, masalah hukum, teknologi, politik, sosial dan budaya.

Sekolah Tinggi penyuluhan pertanian  juga memiliki lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat atau disingkat UPPM

Selain lembaga Penelitian yang dikemukakan diatas, Universitas, Sekolah Tinggi  Penyuluhan pertanian  memiliki jurnal yang berjudul CULTIVAR, dalam jurnal ini terdapat artikel ilmiah bermutu yang ditulis baik oleh lingkungan internal STPP maupun para pakar dari luar lingkungan Universitas lain